News

Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School akan menguji hafalan Al-Quran yang dikuasai siswa-siswa. Sebanyak 60 siswa baik dari tingkat SMP maupun SMA telah mendaftar untuk memperoleh pengujian dan mengikuti prosesi wisuda tahfidz.

 

Program tahfidz di Cahaya Rancamaya berada di bawah bimbingan dan tanggung jawab ustadz Ahmad Ucu, Lc. yang merupakan alumni Universitas Al-Azhar Mesir. Kegiatan ini berlangsung setiap hari Senin – Sabtu pada waktu setelah selesai Sholat Subuh hingga waktu syuruq bertempat di mushola asrama. Siswa-siswa akan mendapat grup dan target hafalan masing-masing sesuai kemampuan dasar dan level potensinya. Adapun program reguler, siswa ditargetkan mampu menghafal 3 juz dan untuk program takhasus siswa dapat berlomba-lomba menghafal sebanyak mungkin. Sampai tengah semester ini ada seorang siswa yang sanggup menghafal hingga 15 juz. Metode yang digunakan oleh siswa bervariasi namun mayoritas menggunakan metode semaan, yakni membaca ayat-ayat dan mendengar dengan dibimbing oleh ustadz.

 

Pada proses pengujian terdapat 5 ustadz sebagai pembimbing dan penguji. Mereka berasal dari berbagai institusi ternama di Timur Tengah, misalnya dari Zaitunah University (Tunisia), Istanbul University dan Erciyes Universitas (Turki), serta dari institusi lokal terkemuka seperti UIN Syarif Hidayatulloh dan UIN Sunan Gunung Djati.

 

Semoga dengan bimbingan yang tepat dari ustadz yang berpengalaman dan ketekunan siswa, akan membuahkan generasi yang unggul di bidang IPTEK juga senantiasa berakhlak mulia dan memelihara Al-Quran.

Kembali