Sistem Pendidikan SMP-SMA

gambar

SISTEM PENDIDIKAN

  1. Kurikulum Nasional

    Secara umum, kurikulum yang diterapkan di SMP-SMA Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School mengacu pada kurikulum nasional yang diperkaya dengan bahasa Inggris, bahasa Arab, Al-Qur’an dan Tahfidz. Dengan pendekatan active learning, kurikulum yang ada dikembangkan menjadi sebuah pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Para peserta didik menjadi subjek dalam pembelajaran, sedangkan guru menjadi inspirator dan motivator. Ditambah dengan penguatan dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab melalui pengajaran sistem tri-bahasa (trilingual system) dan program intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

  2. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris

    Bahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar para siswa memiliki dasar kuat untuk belajar agama mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan (sains).

  3. Pendidikan Agama Islam

    Disamping pelajaran Bahasa Arab di sekolah Cahaya Rancamaya juga diajarkan pengetahuan tentang agama Islam yang lain seperti Tarih (Sejarah) Islam, Fiqih, Al-Quran dan Hadist serta program Tajwid, Tahsin, dan Tahfidz.

  4. Trilingual and Science Book in English

    Sekolah Cahaya Rancamaya menerapkan sistem pengajaran dengan menggunakan tiga bahasa, bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Hal ini dilakukan agar para lulusannya siap menghadapi tantangan di pendidikan yang lebih tinggi dan ketika mereka terjun ke masyarakat. Khusus untuk pelajaran sains menggunakan buku cetak berbahasa Inggris dengan pengantar bahasa Inggris dalam proses belajar-mengajar di kelas sehingga diharapkan lulusan Sekolah Cahaya Rancamaya bisa melanjutkan pendidikan di luar negri dengan tidak mengalami kendala terutama dari segi bahasa. Teman yang paling dekat dan setia adalah buku. Melalui buku kita bisa berwisata intelektual. Melalui buku pula kita bisa menguasai suatu zaman. Buku adalah jendela dunia. Begitu penting arti sebuah buku. Oleh karena itu, Sekolah Cahaya Rancamaya menyediakan referensi buku-buku bacaan untuk para siswanya yang berkualitas. Buku pelajaran yang digunakan berstandard internasional yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional.

  5. Study Abroad Program

    Setiap siswa Sekolah Cahaya Rancamaya mempunyai kesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikannya di luar negri baik untuk tingkat SMA maupun universitas. Program ini ada dua kategori yaitu dengan beasiswa dan reguler.

  6. SCR-IS Go International

    SCR-IS akan mengirimkan duta–dutanya melalui para siswa untuk dapat berkompetisi. Disamping kompetisi juga diselenggarakan program pertukaran pelajaran ke luar negri dengan mengirimkan siswa untuk belajar di luar negri selama 3 bulan dengan harapan para siswa dapat mengenal lebih dekat tentang sistem pendidikan diluar negeri dan mempunyai wawasan yang global dan bertaraf internasional.

  7. Scholarship

    Sekolah menerima siswa baru dengan dua jalur yaitu jalur beasiswa dan reguler. Jalur beasiswa diberikan kepada siswa–siswa yang berprestasi dan lebih diutamakan bagi yang tidak mampu. Adapun bagi siswa–siswa Sekolah Cahaya Rancamaya yang berprestasi baik di bidang akademis maupun non-akademis akan mendapatkan kesempatan beasiswa berupa studi lanjut ke luar negri.

  8. SAT

    SAT (Scholastic Assesment Test) adalah tes penilaian standard yang dipakai untuk masuk ke perguruan tinggi di luar negri terutama di Amerika Serikat. SAT dimiliki dan dikembangkan oleh yayasan College Board di Amerika Serikat dengan asumsi bahwa SAT bisa menilai kemampuan kesiapan siswa untuk melanjutkan studi lanjut di perguruan tinggi.

    Durasi tes SAT adalah selama 3 jam 45 menit dengan nilai dari 600 – 2400. Kombinasi hasil tes dibagi menjadi 3 bagian yang setiap bagiannya bernilai 800 poin (Matematika – Membaca Kritis – Menulis ) dan semua materi dalam bahasa Inggris

    SAT menilai sejauh mana si pengambil tes bakat menganalisis dan problem solving yang dipelajari di sekolah mereka untuk mereka butuhkan masuk ke perguruan tinggi. Tipikal pengambil tes SAT adalah lulusan SMA khususnya. College Board menyatakan bahwa kombinasi penggunaan tes SAT dan nilai rata-rata sekolah menyediakan indikator yang lebih baik mengenai kesuksesan di perguruan tinggi.

    Program ini bertujuan untuk memberikan pelajaran tambahan bagi siswa dan sebagai syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa sekolah di luar negri khususnya di Amerika Serikat.

  9. Academic Consultation

    Memberikan wawasan kepada para siswa tentang dunia pendidikan seperti pemilihan universitas maupun fakultas yang sesuai dengan minat dan bakat siswa sehingga para lulusan Sekolah Cahaya Rancamaya bisa mendapatkan universitas yang berkualitas dan sesuai dengan harapan siswa, orang tua maupun sekolah.

  10. Project and Science Fair

    Melalui para gurunya yang berpengalaman dan inspiratif, para siswa Sekolah Cahaya Rancamaya diarahkan untuk mampu berpikir kritis, melakukan penelitian dan menghasilkan produk ilmiah. Di bawah bimbingan para pendidik dari universitas ternama yang ada di Indonesia, para siswa dibimbing untuk membuat proyek-proyek yang dapat berguna bagi masa depan bangsanya. Melalui kegiatan ini, para siswa memungkinkan untuk mengembangkan pengetahuan sains, eksperimen, dan pengalamannya.

    Kegiatan pameran sains bertujuan:

    1. Harmonisasi pengetahuan yang didapat siswa di kelas dengan penerapan praktisnya.
    2. Membudayakan siswa Sekolah Cahaya Rancamaya melakukan praktek langsung terhadap materi yang diterima di kelas.
    3. Melatih siswa Sekolah Cahaya Rancamaya melakukan presentasi terhadap ilmu yang dikuasainya di bidang sains.
    4. Memberikan pemahaman tentang berbagai hal di bidang sains baik bagi para siswanya maupun masyarakat umum.
    5. Membumikan sains ke dalam kehidupan kita.

    Dalam kegiatan tersebut mereka mempraktekkan secara langsung berbagai pengetahuan yang mereka miliki dan membagi pengalamannya kepada para siswa dari sekolah lain dan masyarakat umum.