Why Us ?
Kenapa kami?

WHY CAHAYA RANCAMAYA?

“Sekolah Islam Cahaya Rancamaya adalah tentang menciptakan ikatan dan memelihara hubungan positif yang dicita-citakan akan menginspirasi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menggali kedalaman potensi generasi muda Islam, dan mencapai kesuksesan.”

~Terakreditasi A (Amat Baik)~

Sekolah Islam Cahaya Rancamayamerupakan sekolah yang telah terakreditasi dengan predikat A (Unggul) dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) baik tingkat SMP dan SMA.

~Keunggulan akademik dan non-akademik~

Kami telah mendapatkan reputasi yang kuat untuk prestasi akademik dan non-akademik dengan hasil yang sangat membanggakan baik di tingkat regional, nasional dan internasional. Semua siswa memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas melalui inisiatif pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi gembira dan berbobot.

~Program Tahfiz dan Tahsin Intensif~

Keunggulan program tahfiz dan tahsin kami memiliki sifat wajib bagi para siswa selama di sekolah dan asrama dengan metode yang efektif sehingga para siswa dapat mudah menghafal ayat, surat-surat di dalam Al Quran, namun yang paling penting dari sekadar menghafalkan adalah memahami serta mengamalkan setiap kandungan isi Al Quran. Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh seluruh siswa bersama para guru profesional kami secara intensif.

~Program Pembelajaran Bahasa Arab intensif~

Bahasa Arab merupakan bahasa yang Al Quran Al Karim. Oleh karena itu, dengan mempelajari bahasa Arab, para siswa diharapkan bukan hanya menghafa Al Quran, namun dapat memahami makna kandungan isinya serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bahasa Arab merupakan bahasa resmi internasional yang digunakan dalam forum-forum internasional (18 Desember 1973, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meresmikan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi PBB. Oleh karena itu, kebutuhan mempelajari bahasa Arab menjadi sangat penting bagi para pembelajarnya. Dalam pembelajaran bahasa Arab, kami bekerjasama dengan lembaga bahasa Arab yang memiliki reputasi internasional yaitu, lembaga pendidikan NILE dari Mesir.

~Bahasa Pengantar~

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dan ilmu-ilmu sosial. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar untuk proses pembelajaran bidang sains dan matematika.

~Pendidikan Karakter~

Membangun karakter siswa difokuskan pada semua aspek pembelajaran di Sekolah Islam Cahaya Rancamaya. Pendidikan karakter atau akhlak diterapkan sebagai akhlak yang Islami yaitu akhlak yang bersumber pada ajaran Allah dan Rasul-Nya, melalui Al Quran dan Hadist. Dalam mengamalkannya, salah satunya adalah upaya kami untuk meningkatkan rasa empati dan kesadaran siswa dalam membangun budaya yang menjadi perhatian masyarakat luas saat ini yaitu melalui kegiatan dan aktivitas solidaritas sosial baik tingkat lokal dan global.

~Leadership Program~

Di Sekolah Islam Cahaya Rancamaya memungkinkan bagi para siswa untuk tidak hanya belajar tapi juga mewujudkan nilai sekolah melalui berbagai program kepemimpinan. Program latihan dasar kepemimpinan dalam berorganisasi yang efektif meningkatkan kemampuan kepemimpinan siswa untuk saling menghormati dalam menjalankan kegiatan organisasi siswa di sekolah.

~Seni dan Budaya~

Setiap individu berbakat dan membutuhkan kesempatan untuk menemukan dan menunjukkan kreativitas mereka. Kegiatan seni dan budaya adalah fitur dinamis di sekolah kami, dengan menggali keahlian mereka dalam bentuk pementasan.

~Komunikasi Orang Tua – Sekolah~

Kesuksesan siswa hanya bisa dicapai dengan ikatan dan kemitraan yang kuat antara sekolah dan rumah. Pendekatan kolaboratif dari kami dengan mengembangkan rasa nilai dan rasa memiliki, menciptakan kepercayaan dan memperkuat hubungan kokoh dengan prinsip saling menghormati. Program kunjungan wali kelas ke rumah orang tua siswa untuk melakukan dialog perihal perkembangan putera-puteri mereka menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi dua lembaga yang menentukan perkembangan anak, yaitu rumah dan sekolah.

~Kegiatan ekstrakulikuler~

Keunggulan akademis dapat ditingkatkan melalui menumbuhkembangkan minat dan kemampuan siswa di luar kelas melalui berbagai pilihan kegiatan kesiswaan, olahraga, rekreasi dan budaya secara bersama-sama.

~Program Literasi~

Untuk menumbuhkan minat baca dan tulis para siswa, Sekolah Islam Cahaya Rancamaya memiliki beberapa kegiatan yang dapat memacunya. Reading time selalu disediakan setiap hari di kelas bersama-sama dengan wali kelas masing-masing. Selain itu, kegiatan reading camp menjadi salah satu sarana untuk mewujudkan suksesnya program literasi sekolah. Di akhir semester, para siswa dan guru bersama-sama melakukan rangkaian kegiatan reading camp di tempat-tempat yang tenang dan mendukung tujuan kegiatan.

~College Counseling~

Konselor di sekolah kami menjadi konsultan strategis, mentor, dan sekaligus pemandu dimana semua digabung menjadi satu. Para siswa memerlukan konselor untuk kelanjutan pendidikan tinggi mereka. Sekolah Cahaya Rancamaya memiliki konselor perguruan tinggi yang menjadi wadah untuk membimbing para siswa menemukan jurusan, karir, minat dan bakat mereka dan memberikan informasi terkait bagaimana mendaftar ke perguruan tinggi. Tugas pokok konselor kami mengarahkan kedisiplinan siswa terhadap tenggat waktu pendaftaran dan pemenuhan persyaratan ke perguruan tinggi. Konselor juga membantu para siswa menemukan jurusan yang cocok dan membantu mengelola kecemasan menghadapi berbagai ujian masuk perguruan tinggi. College Counseling Department Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School akan selalu berusaha membimbing para siswa dalam memilih jurusan dan fakultas sebagai kelanjutan studi mereka di perguruan tinggi.

~STEAM Education~

Model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) merupakan salah satu model pembelajaran abad 21 yang terkait dengan pengembangan soft skills dengan membuat satu rangkaian bidang ilmu pengetahuan (sains), teknologi, teknik, seni, dan matematika, dengan harapan siswa dapat diberikan pemahaman holistik keterkaitan bidang ilmu melalui pengalaman belajar abad 21.

Pembelajaran dengan pendekatan STEAM merupakan pembelajaran kontekstual, yaitu siswa akan diajak memahami fenomena yang terjadi yang dekat dengan diri dan lingkungannya. Pendekatan STEAM mendorong siswa untuk belajar mengeksplorasi semua kemampuan yang dimilikinya, dengan cara masing-masing. Pendekatan STEAM bertujuan memunculkan karya yang unik dan tidak terduga dari setiap individu atau kelompok siswa. Di samping itu, kolaborasi, kerjasama dan komunikasi akan muncul dalam proses pembelajaran karena pendekatan ini dilakukan secara berkelompok. Model pembelajaran STEAM di Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School juga bertujuan mempersiapkan siswa untuk mengikuti ajang olimpiade project baik di tingkat nasional maupun internasional.

~Kenyamanan Dalam Belajar~

Kenyamanan suasana belajar sangat penting untuk perkembangan para siswa kami. Lokasi sekolah yang menghadap langsung Gunung Salak menambah kesejukan suasana belajar di sekolah kami. Ruang kelas yang tertata rapi dan bersih, dengan kapasitas maksimum 24 siswa perkelas, sangat membantu konsentrasi belajar siswa selama berada di sini.

Jangan ragu lagi, mari bergabung dalam keluarga besar Sekolah Islam Cahaya Rancamaya Bogor, dan jadilah bagian dari komunitas kami yang islami, kreatif, inovatif dan unggul!